Sabtu, 31 Maret 2012

ETIKA PROFESI


Etika Berprofesi Di Bidang Teknik Mesin
A.      Pendahuluan
Etika adalah suatu karakter atau watak kesusilaan atau adat, dimana etika berkaitan dengan suatu nilai atau norma tingkah laku seseorang atau kelompok untuk suatu pada saat bekerja yang baik. Sedangkan profesi adalah hal yang berkaitan dengan bidang yang berbau pendidikan dan keahlian. Jadi dapat disimpulan bahwa etika profesi adalah sebuah nialai atau norma tingkah laku seseorang atau kelompok dalam menjalankan pekerjaannya dengan baik.
B.      Penerapan Etika Profesi Pada Bidang Teknik Mesin
Pada penerapannya etika profesi ini yaitu mengenai keahlian atau pendidikan bidang teknik mesin. Saya ambil contoh pada pendidikan bidang teknik mesin pada asisten laboratorium. Dimana asisten tersebut memiliki nilai atau norma yang akan diterapkan pada para asisten itu sendiri dan diterapkan pada para praktikan. Nilai dan norma yang telah disusun baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang dianggap sebagai hal yang baik atas suatu persetujuan. Maka dengan adanya etika berprofesi maka para asisten dan praktikan akan melakukan tingkah laku yang baik pada saat praktek dilakukan. Disini para asisten dituntut untuk melakukan dan menerapkan etika profesi pada praktikan, dan para praktikan harus mematui nilai atau norma etika profesinya.
Sebagai contoh yang lain mengenai etika berprofesi pada bidang teknik mesin adalah mengenai teknologi Nuklir. Dimana teknoligi ini bisa dibilang sebagai teknilogi yang bermanfaat dan bisa juga sebagai teknologi yang dapat menghancurkan. Jika dilihat dari sisi manfaatnya teknologi nuklir ini dapat menghasilkan suatu energi listrik dengan sedikit menghasilkan polusi emisi CO2 dan gas kimia, dibandingkan dengan listrik bertenaga gas dan minyak. jadi tenaga nuklir ini dapat mengurangi efek rumah kaca. Bila dilihat dari segi buruknya, ketika energi ini terjadi kebocoran atau terkena api, maka akan terjadi ledakan yang mengeluarkan radiasi radioaktif yang beracun yang efeknya pencemaran udara, tanah dan pada air. Akibat pencemaran radiasi radioaktif ini mengakibatkan efek penyakit kanker dan leukimia pada manusia,  dan selain itu akan mengubah bentuk sel genetik pada hewan dan tumbuhan.
C.      Sumber Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar